Komponen-komponen yang ada pada Marketspaces antara lain
Customer
Customer is a driver artinya konsumen sebagai poros penggerak jalannya marketplaces,
konsumen sangat berperan penting dalam jalannya marketplaces. Dalam marketplace Seluruh
pengguna internet merupakan sumber pembeli yang potensial dan Pembeli juga dapat mencari perbandingan
harga/barang melalui marketplacse
Penjual
diera e-marketplaces sekarang ini jutaan
orang sudah terdaftar dan bergabung di website untuk mempromosikan & menawarkan berbagai
variasi barang dan jasa. para penjual
bisa menjual langsung dari website mereka atau dari e-marketplace.Setiap
hari terdapat penawaran produk dan jasa baru.
Produk
dan jasa
Barang
& jasa yang dijual baik fisik maupun digital
Infrastruktur
Infrastruktur
pendukung seperti jaringan elektronik, hardware, software, dll
Front End
Halaman muka web yang terlihat oleh user, di mana penjual dan pelanggan saling berinteraksi, termasuk portal penjual, katalog
elektronik, keranjang belanja, mesin pencari, dan gateway pembayaran
Back End
Kegiatan yang mendukung pemenuhan pesanan secara online,
manajemen persediaan, pembelian dari pemasok, proses pembayaran, kemasan dan
pengiriman
Perantara
• Merupakan
pihak ketiga yang mengoperasikan hubungan antara penjual dan pembeli.
• Perantara
menawarkan jasa mereka dalam web
• Perantara
online menciptakan dan mengatur pasar online.
• Partner
bisnis lainnya
Selain perantara,
terdapat beberapa tipe partner bisnis, seperti pengiriman yang berkolaborasi
melalui internet, dan partner lain yang biasanya berkaitan dengan supply
chain.
Support
Services
Banyak jasa pendukung yang tersedia,
mulai dari pengesahan sertifikat, jaminan pihak ketiga, sampai penyedia
layanan.
No comments:
Post a Comment